Sabtu, 03 Agustus 2013

Keuntungan dari Mengelola TBM

Apa untungnya mengelola Taman Bacaan Masyarakat yang jelas-jelas hanya membuat kita mengeluarkan banyak biaya? Bahkan tidak sedikit yang kebobolan karena mengeluarkan uang saku pribadi?
Mari kita ulas terlebih dahulu mengenai keuntungan mengelola TBM.

TBM adalah sebuah perpustakaan kecil gratis untuk masyarakat yang dikelola oleh pribadi atau komunitas, dengan dana mandiri. Sebagian TBM ada yang mendapatkan bantuan dari dinas atau pemerintah, dan sebagian lainnya tidak sama sekali, artinya TBM ini adalah TBM mandiri.

Bagi pengelola TBM mandiri, dana untuk kegiatan tentulah harus dari pribadi. Bagaimana mensiasatinya agar tidak kebobolan? Pilihlah kegiatan yang tidak mengeluarkan uang. Banyak yang dapat dilakukan, tanpa mengeluarkan uang.

Contoh kecil kegiatan untuk anak-anak dan remaja, ajaklah anak-anak dan remaja untuk belajar menulis cerita, pantun, sajak dan puisi.
Contoh kegiatan lain untuk usia dewasa atau orang tua: ajaklah mereka untuk berkegiatan seperti mengolah barang bekas.

Kegiatan TBM tak hanya membaca, berolah raga, bermain, berkreatifitas, membuat hasil kerajinan tangan, workshop dan lain sebagainya. Sebaiknya, sebagai pengelola TBM kita lincah, mencari informasi tentang kegiatan yang tidak mengeluarkan uang. Pada jaman sekarang ini, fasilitas internet sudah mempermudah kita untuk mendapatkan informasi. Tinggal bagaimana kita dapat mempergunakannya.

Jika langkah-langkah kegiatan tanpa mengeluarkan dana sudah kita lakukan, banyak sekali keuntungan yang dapat terasa.

Pertama, kepuasan batin; betapa senangnya kita, saat melihat kebahagiaan, kegembiraan terpancar dari wajah-wajah pemustaka yang berkunjung ke TBM kita.
Kedua, bertambah luasnya jaringan dan relasi kita; biasanya pemustaka akan merekomendasikan TBM kita kepada kawan atau tetangganya.
Ketiga; kita akan merasa bahwa diri kita berguna.

Masih banyak keuntungan lain yang bisa kita dapatkan dengan mengelola TBM. Jika tak percaya, silahkan buktikan dengan memulai mendirikan sebuah TBM.

Saudara, keuntungan itu tak semua dapat dinilai dengan angka. Terima kasih telah berkunjung di Blog kami, semoga menjadi semangat bagi anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar